alasan-panitia-gelar-maulid-sekaligus-sambut-hrs-jadi-obat-rindu-1

Alasan Panitia Gelar Maulid Sekaligus Sambut HRS: Jadi Obat Rindu

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Jakarta

Gelaran Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat, pada November 2020 berimbas pada kerumunan yang lantas diusut ke ranah hukum. Acara itu dibikin sekaligus sebagai penyambutan bagi Habib Rizieq Shihab (HRS) yang baru pulang dari Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Haris Ubaidillah selaku Ketua Panitia Maulid tersebut kala menjadi saksi dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim). Haris sebenarnya menjadi terdakwa dalam perkara ini bersama Ahmad Shabri Lubis, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Namun Haris didudukkan sebagai saksi untuk terdakwa lainnya yaitu Habib Rizieq. Menurutnya, acara Maulid Nabi itu baru direncanakan setelah ada kepastian kepulangan Habib Rizieq.

“Kita ada rapat (setelah) berdasarkan informasi guru kami (Habib Rizieq) mau datang ke Indonesia. Saya usul pada rapat pengurus (eks FPI) itu rapat mingguan, bagaimana kita adakan peringatan Maulid (saat) guru kita akan hadir,” ucap Haris saat memberikan kesaksian dalam persidangan di PN Jaktim, Senin (3/5/2021).

“Tentu ini merupakan satu obat rindu kita, sekaligus kita hormati Nabi kita sekaligus menyambut guru kita,” imbuh Haris.

Haris menyebut usulannya itu diterima dan disetujui dalam rapat. Lantas, dia pun ditunjuk sebagai ketua panitia.

“Alhamdulillah rapat saat itu setuju untuk mengadakan peringatan Maulid karena saya yang mengusulkan saya yang menjadi ketua panitia. Alhamdulillah dengan senang hati, menghormati Nabi dan menghormati guru kami terima tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab,” tuturnya.

Dalam sidang itu pula sebelumnya hadir seorang saksi atas nama Ali Al Hamid. Dia yang mengaku sebagai mantan Ketua Hilal Merah Indonesia FPI bertugas saat acara berlangsung.

“Awal saya datang sebelum Magrib kita diminta untuk persiapan prokes (protokol kesehatan) karena kondisi saat itu COVID, hal pertama adalah hand sanitizer untuk tamu yang datang, masker dan suhu. Banyak para laskar yang menjaga untuk suhu dan membagikan masker,” kata Ali.

Ali mengatakan acara maulid mulai berlangsung pada pukul 21.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara pernikahan putri Habib Rizieq. Banyak warga yang disebut datang untuk sekadar melihat Habib Rizieq.

(dwia/dhn)