pimpinan-komisi-viii-soal-lulus-konseling-jadi-syarat-nikah-perlu-uji-coba-1

Arahan Komisi VIII soal Lolos Konseling Jadi Syarat Nikah: Perlu Uji Coba

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Jakarta

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memerosokkan calon pengantin lulus konseling pranikah sebelum melakukan pernikahan. Komisi VIII DPR MENODAI menyebut usulan itu perlu dikaji karena membutuhkan perkiraan yang besar.

“Kalau bimbingan pranikah itu sudah ada lama, dalam KUA itu ada. Tak ada istilah lulus tidak lulus. Ini kan kayak kursus mobil ini, jika nggak lulus nggak bisa sertifikat nggak boleh sanggup SIM kira-kita gitu kan, ” kata Ketua Bayaran VIII DPR RI, Yandri Susanto kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Yandri mempertanyakan persyaratan lulus konseling pranikah tersebut sebagai kondisi pernikahan. Dia menilai petunjuk itu perlu dikaji secara mendalam.

“Gimana nanti kalau misalkan tersedia yang lulus, tidak lolos, kursusnya berapa lama, pembiayaan bagaimana, materinya apa. Zona ini yang mungkin perlu dikaji dulu, ” cakap dia.

Menurut Yandri perlu adanya uji coba mengenai lulus konseling pranikah sebagai syarat ijab kabul. Uji coba itu selalu dipantau apakah konseling tersebut bisa mengurangi kekerasan pada rumah tangga (KDRT) serta permasalahan lainnya.

“Diuji coba dulu, sebab uji coba itu dievaluasi benar nggak korelasinya kurun kursus dinyatakan lulus tersebut dengan harapan menekan KDRT dengan program itu adanya nggak. Karena ini perlu biaya besar juga buat di APBN atau di APBD karena dia kudu menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan kursus itu, materinya, pengujinya, kemudian sertifikatnya membangun perlu uang semua, ” jelasnya.

Tenggat hari ini, Yandri mengecap Komisi VIII dan negeri belum pernah membahas anggaran mengenai konseling pranikah jadi syarat pernikahan itu. Upah VIII, kata Yandri terkuak untuk membahas usulan daripada Wakil Presiden ini.

“Sementara sampai keadaan ini saya di Bayaran VIII belum pernah mempercakapkan itu dan belum pernah ada anggaran untuk itu. Kita tunggu aja uraian dari pemerintah. Prinsipnya Tip VIII terbuka untuk membahas, ” ungkapnya.

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin mengusulkan adanya konsleing pranikah, simak selengkapnya