Dulu Nobar G30S/PKI Bareng Jokowi, Kini Gatot Ungkit Ganti Panglima TNI

Dulu Nobar G30S/PKI Bareng Jokowi, Kini Gatot Ungkit Ganti Panglima TNI

Jakarta kepala

Pada 2017 kelam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi acara nonton bareng (nobar) hidup G30S/PKI yang digagas Gatot Nurmantyo. Kala itu, Gatot menjabat sebagai Panglima TNI.

Urusan nobar digelar di Markas Korem 061/Suryakancana Bogor, Jawa Barat. Masyarakat turut hadir.

Meski film G30S/PKI menegangkan, namun jadwal berlangsung santai. Presiden Jokowi makin menyempatkan diri bertegur sapa secara warga yang hadir.

“Empat setengah jam saya lihat. Itu yang ketiga kalinya, ” sekapur Jokowi usai upacara di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017).

3 bulan kemudian yaitu Desember 2017, Marsekal Hadi Tjahjanto dengan saat itu menjabat Kepala Pekerja Angkatan Udara diangkat sebagai Pemimpin TNI. Marsekal Hadi menggantikan letak Gatot yang tengah memasuki zaman purnabakti pada April 2018.

Pergantian jabatan itu saat ini disoal Gatot. Dia menyebut dirinya digantikan dengan Marsekal Hadi pokok menginisiasi acara nobar film G30S/PKI.

“Pada saat beta menjadi panglima TNI saya melihat itu semuanya, maka saya perintahkan jajaran saya untuk menonton film G30S/PKI. Pada saat itu, kami punya sahabat dari salah mulia partai, saya sebut saja kelompok PDI, menyampaikan, ‘Pak Gatot, hentikan itu, kalau tidak pasti Pak Gatot akan diganti’, ” sekapur Gatot saat bicara di channel Youtube Hersubeno Point, dikutip detikcom pada Rabu (23/9).

Gatot mengaku mengucapkan terima beri pada politikus PDIP yang tahu dia. Namun dia menyebut tekadnya bulat untuk menunjukkan bahaya dari PKI.

“Saya sejumlah terima kasih, tapi di danau saya gas karena ini merupakan benar-benar berbahaya. Dan memang sungguh-sungguh saya diganti, ” ujar Gatot.