kapolda-metro-12-juta-orang-tetap-nekat-mudik-dari-jakarta-meski-dilarang-1

Kapolda Metro: 1, 2 Juta Orang Tetap Nekat Mudik dari Jakarta Meski Dilarang

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan beberapa warga tetap mudik walaupun ada larangan dari pemerintah. Fadil menyebut setidaknya ada 1, 2 juta penduduk yang mudik keluar Jakarta.

“Berdasarkan hasil evaluasi jumlah pemudik dengan melalui darat, melalui kereta dan udara sebelum pembatasan mudik berlaku artinya pra tanggal 6 dan bangsa yang tetap nekat pegangan saat larangan mudik seperti Anda ketahui bersama dalam Kedungwaringin maupun melalui jalan tol diperkirakan jumlah bangsa Jakarta yang keluar lantaran Jakarta sekitar 1, dua juta, ” jelas Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Hal tersebut diungkapkan oleh Fadil Imran seusai menggelar rapat penyelarasan pengamanan arus balik Lebaran 2021. Hadir bersamanya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

“Untuk mengantisipasi hal itu, kami kemudian melaksanakan rapat koordinasi pada hari tersebut, ” kata Fadil.

Fadil mengatakan, dalam rapat koordinasi ini ada beberapa hal yang dibahas. Salah satunya terkait persekutuan lintas sektoral untuk mengamankan arus balik agar tak terjadi kerumunan.

“Dalam rakor ada kurang poin yang harus awak kerjakan dan sepakati, semacam melaksanakan kolaborasi dengan BNPB dan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat bandara, tumpuan, pelabuhan dan rest kawasan yang menjadi sarana dan prasarana untuk kembali sesudah pelaksanaan mudik, ” paparnya.

Seperti diketahui, kebijakan larangan mudik sah sejak 6 Mei had 17 Mei 2021. Pra larangan mudik, pemerintah pula memperketat perjalanan dalam daerah, di mana masyarakat wajib mengantongi persyaratan di antaranya SIKM dan hasil tes negatif Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, sejak pembatasan mudik berlaku, sejumlah asosiasi tetap nekat mudik. Polisi melakukan penyekatan di kira-kira titik ruas jalan tol, jalur arteri hingga carik tikus untuk mengantisipasi pemudik nekat.

Namun polisi tidak sepenuhnya jadi menjaga penyekatan dan memutar balik kendaraan. Salah satunya di pos penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, sejumlah pemudik nekat menerobos penyekatan.

Kondisi di pos penyekatan menimbulkan macet karena adanya pemeriksaan petugas. Kejadian ini lantas membuat penuh para pengendara hingga melayani arus dan membuat tertahan lalu lintas. Polisi kendati akhirnya membuka penyekatan sebab pertimbangan kerumunan.

(mea/mea)