kemendag-turun-tangan-selidiki-cabai-rawit-dicat-di-banyuwangi-1

Kemendag Turun Tangan Selidiki Cili Rawit Dicat di Banyuwangi

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Banyuwangi – Video dengan menampilkan warna cabai kecil yang sedang ditumis pudar di sebuah penggorengan viral di media sosial. Kementerian Perdagangan (Kemendag) turun tangan menyelidiki temuan itu.

“Kami juga sudah mendengar hal tersebut dan aku sedang tugaskan staf kami di Surabaya untuk menyelidikinya, ” ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Sopan Niaga Kemendag Veri Anggrijono kepada detikcom , Minggu (21/3/2021).

Veri mengatakan pihaknya akan menindak pelaku. Kemendag, kata Veri, akan mengancamnya dengan pencabutan izin jalan.

“Apabila terbukti ada pelaku usahanya berbentuk badan hukum kami tak segan-segan merekomendasikan pembekuan bahkan pencabutan izinnya bahkan dipidana sesuai UU nomor 8 tahun 99 tentang pelindungan konsumen, ” lanjut Veri.

Sebelumnya, dunia maya di Banyuwangi diramaikan dengan video tentang cabai dicat. Video viral tersebut diunggah akun Facebook Gemilang Emfet Putra Blambangan perut hari lalu.

Dalam video tersebut terlihat seseorang sedang menumis cili rawit. Cabai yang sedangkan ditumis mengeluarkan cairan warna oranye kemerahan. Lama-lama larutan itu terlihat semakin melekat. Pembuat video juga berkomentar tentang kondisi cabai kecil tersebut sambil mengaduk-aduk cabai yang ditumis.

“Lombok iso dicet lho. Deloken to. Ati-ati tenan dulur-dukur kabeh konco2 kabeh lek ngumbah sing tenana. Deloken iki lho cet iki lho. Cat oren warna lombok iki lho (Lombok bisa dicat lho. Lihatlah. Hati-hati saudara-saudara seluruh, teman-teman semua. Kalau membasuh yang bersih. Lihatlah itu kan cat. Cat warna Oren Lombok), ” ujar pria dalam video tersebut. (isa/gbr)