Mengarah Moeldoko Tepis Isu Kebangkitan PKI dari Gatot Nurmantyo

Mengarah Moeldoko Tepis Isu Kebangkitan PKI dari Gatot Nurmantyo

Jakarta

Isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang disampaikan eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo ditepis Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Senior Gatot di TNI itu menyebut tak mungkin ada isu yang tiba-tiba muncul dan meminta untuk tak menakuti masyarakat.

Peristiwa tersebut disampaikan Moeldoko saat ditanya mengenai isu adanya ancaman PKI seperti yang diutarakan Gatot. Moeldoko ditanya, apakah selama menjabat jadi Panglima TNI, ancaman PKI tidak muncul atau bahkan muncul setelah Moeldoko pensiun dari TNI.

Apa kata Moeldoko?

“Saya sebagai pemimpin yang dilahirkan dari akar rumput bisa mengarungi peristiwa demi peristiwa. Mengevaluasi peristiwa demi peristiwa. Tidak mungkin sampai secara tiba tiba. Karena skala itu terbentuk dan terbangun tidak muncul begitu saja. Jadi jangan berlebihan sehingga menakutkan orang asing, ” kata Moeldoko dalam ramah dengan Staf Komunikasi Politik Kantor Staf Presiden (KSP), seperti dikutip detikcom , Kamis (1/10/2020).

Moeldoko menyebut, bisa saja se buah kejadian menjadi komoditas kepentingan tertentu. “Sebenarnya bisa saja sebuah peristiwa besar itu menjadi komoditas untuk relevansi tertentu, ” ujarnya.

Moeldoko menyebut narasi kebangkitan PKI yang digaungkan hanya untuk barang kepentingan pribadi.

“Saya melihat lebih cenderung ke danau. Kita ini mantan-mantan prajurit, memiliki DNA yang sedikit berbeda secara kebanyakan orang. DNA intelejen, DNA kewaspadaan, DNA antisipasi, dan seterusnya, ” ucap Moeldoko.