menlu-ungkap-upaya-ri-di-semua-lini-perjuangkan-hak-hak-palestina-1

Menlu Ungkap Upaya RI pada Semua Lini Perjuangkan Hak-hak Palestina

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Jakarta

Menlu Retno LP Marsudi menegaskan posisi Indonesia bersama rakyat Palestina. Nusantara menyerukan penghentian kekerasan terhadap rakyat Palestina.

“Indonesia juga terus mendesak agar dewan keamanan PBB dapat mengambil langkah jelas, menghentikan seluruh kekerasan serta menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina. Sudah terlalu lama hak-hak bangsa & rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan kerabat Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya, ” kata Retno di dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Pemimpin, Rabu (12/5/2021).

Retno mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan pernyataan tegas mengenai isu Palestina pada 11 Mei lalu. Jokowi mengatakan kegiatan Israel menyerang warga sipil Palestina tak bisa dibiarkan.

“Bapak Presiden juga menyampaikan kalau Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak dewan ketenteraman PBB untuk mengambil kiprah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan Israel, Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina, ” ujar Retno.

Retno juga menyampaikan sikap Indonesia mengenai isu Palestina terkini. Indonesia, kata Retno, mengecam meluasnya ketegangan di Sabuk Gaza.

“Indonesia juga mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya dalam Jalur Gaza yang membuahkan puluhan korban jiwa masyarakat sipil yang tidak berdosa, ” tutur Retno.

Retno menyampaikan Indonesia terus berupaya di semua lini untuk memperjuangkan hak-hak Palestina. Salah satunya melalui komite yang ada dalam PBB.

“Indonesia terus berusaha semaksimal jadi di semua lini, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian. Sebagai catatan, komite itu ada di majelis umum PBB yang dibentuk tahun 1975 yang memiliki instruksi memperjuangkan hak-hak Palestina tercatat hak kemerdekaan Palestina. Zaman ini Indonesia adalah utama negara anggota biro serta memangku jabatan wakil kepala dalam komite tersebut Nusantara juga mengusulkan agar OKI dan GNB dapat lekas melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini, ” ujar Retno.

Sebelumnya diberitakan, militer Israel terus membombardir Jalur Gaza. Otoritas kesehatan menyebutkan setidaknya 35 warga Palestina, tercatat 10 anak, tewas akibat serangan udara Israel dalam Jalur Gaza yang diluncurkan sejak Senin malam.

Dilansir dari Aljazeera , tembakan roket Israel ini berlaku setelah militan Palestina Hamas, yang menguasai Gaza, mengultimatum Israel untuk mundur dibanding kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur.

Sebagai informasi, Israel menduduki Pelik Masjid Al-Aqsa setelah melakukan aksi kekerasan terhadap awak sipil Palestina di daerah tersebut.

Penjaga Israel menyerbu kompleks tersebut pada hari Senin (10/5) waktu setempat. Selama 3 hari berturut-turut, mereka memicu peluru baja berlapis longgar, granat kejut, dan gas air mata ke massa Palestina yang berada di dalam masjid pada hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Lebih dari 700 warga Palestina terluka di Yerusalem dan di seluruh Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa hari final.

(knv/imk)