Perhelatan Anak Gubernur Sumbar Digelar Tepat Sehari Sebelum Larangan Resepsi

Perhelatan Anak Gubernur Sumbar Digelar Tepat Sehari Sebelum Larangan Resepsi

Padang

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menggelar pesta pernikahan putranya atau hajatan Baralek Gadang di Padang selama 3 keadaan berturut-turut di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Baralek Gadang digelar sehari sebelum larangan penyelenggaraan pesta perkawinan yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang.

Pucuk resepsi pada Minggu (8/11) mendatang akan digelar di Auditorium Gubernuran, Jalan Jenderal Sudirman, Padang. Auditorium berada dalam kompleks Istana Gubernur.

Rencana pesta tersebut memicu kontroversi, karena setelah agenda 8, tepatnya mulai tanggal 9 November 2020, semua aktivitas perjamuan perkawinan di Padang mulai dilarang.

Pemerintah Kota Padang telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) berisi larangan pesta perkawinan. Dilihat detikcom, Selasa (3/11/2020), SE bernomor 870. 743/BPBD-PDG/X/2020 itu dikeluarkan 12 Oktober silam dengan tujuan untuk menekan penyebaran COVID-19. Namun aturan itu mulai diberlakukan 9 November 2020.

“Bagi masyarakat dengan ingin melaksanakan perkawinan cukup melakukan akad nikah di kantor KUA, rumah ibadah, atau di sendi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ” demikian bunyi aturan di dalam SE bernomor 870. 743/BPBD-PDG/X/2020 tersebut. SE tersebut ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Dalam patokan itu, Pemkot mengancam akan menutup acara pernikahan yang dilaksanakan sesudah tanggal 8 November 2020.

“Bagi masyarakat yang melanggar ketentuan, akan dibubarkan dan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentutan perundang-undangan, ” bunyi salah satu urusan.

Selanjutnya di halaman berikut > > >