ppp-minta-hrs-kuasa-hukum-jaga-sikap-usai-hakim-kabulkan-sidang-offline-1

PPP Minta HRS-Kuasa Hukum Jaga Sikap Usai Hakim Kabulkan Sidang Offline

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Jakarta kacau

PPP mengapresiasi Majelis Hakim Pengadilan Jati Jakarta Timur (PN Jaktim) yang mengabulkan permohonan tim penasihat hukum Habib Rizieq Shihab (HRS) agar persidangan digelar secara langsung ataupun offline. Namun demikian, PPP meminta HRS beserta awak kuasa hukumnya untuk membentengi sikap dan suasana persidangan.

“Poksi PPP di Komisi III mengapresiasi sikap Majelis Hakim PN Jaktim dalam perkara pidana HRS yang telah menyetujui permohonan HRS agar disidangkan secara offline. Bagi PPP, Majelis Hakim yang terlibat bukan sekadar menjadi saluran hukum positif, tetapi menjelma corong keadilan, ” sebutan Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, saat dihubungi, Selasa (23/3/2021).

Anggota Komisi III DPR RI ini menyebut pada setiap pengadilan, terdakwa seharusnya taat dan hormat pada Majelis Hakim. Di bagian lain, Majelis Hakim menurutnya juga harus memastikan tersangka diberikan hak untuk membela diri sebaik-baiknya di persidangan.

“Dalam pola peradilan pidana di negeri manapun, seorang terdakwa sungguh harus taat dan salut pada hakim yang mempertimbangkan perkaranya, namun di sisi lain hakim juga berkewajiban memastikan hak-hak terdakwa untuk mendapatkan proses peradilan yang adil dan memungkinkan tersangka untuk membela diri secara sebaik-baiknya terpenuhi, ” ucapnya.

Arsul menuturkan hakim sudah menyelesaikan kewajibannya menjamin hak Habib Rizieq untuk diadili secara offline. Dia menegaskan kini putaran Habib Rizieq dan pihaknya untuk menjaga sikap dalam persidangan.

“Nah dengan penetapan baru dengan menetapkan bahwa peradilan HRS akan dilakukan secara offline, maka Majelis Hakim sudah melaksanakan kewajibannya tersebut secara baik. Saya berharap HRS dan tim penasihat hukumnya dalam persidangan selanjutnya mampu bersikap baik dalam melindungi suasana persidangan. Tentu biasa akan terjadi perdebatan-perdebatan, namun ruang sidang adalah tempat yang beradab dan terhormat karena itu saya berniat baik JPU maupun tim pembela bisa menjaga kehormatan dan adab mereka masing-masing, ” ujarnya.

Arsul minta petugas tindak jika ada kerumunan, simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video ‘Munarman Kekeh Minta Sidang Habib Rizieq Digelar Offline’:

[Gambas:Video 20detik]