serba-serbi-nisab-syarat-utama-bayar-zakat-1

Serba-serbi Nisab, Syarat Utama Tukar Zakat

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

Jakarta

Nisab merupakan batas memutar rendah kepemilikan harta dengan menjadi standar dikeluarkannya derma. Penetapan nisab dilakukan bertemu syariah dan berlaku untuk muslim yang memiliki harta tersebut.

Urusan mengeluarkan zakat terdapat di Al Quran surat At-Taubah ayat 34,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْأَحْبَارِ وَٱلرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَٰلَ ٱلنَّاسِ بِٱلْبَٰطِلِ وَيَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۗ وَٱلَّذِينَ يَكْنِزُونَ ٱلذَّهَبَ وَٱلْفِضَّةَ وَلَا يُنفِقُونَهَا فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Arab latin: Yā ayyuhallażīna āmanū inna kaṡīram minal-aḥbāri war-ruhbāni laya`kulụna amwālan-nāsi bil-bāṭili wa yaṣuddụna ‘an sabīlillāh, wallażīna yaknizụnaż-żahaba wal-fiḍḍata wa lā yunfiqụnahā fī sabīlillāhi fa basysyir-hum bi’ażābin alīm

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, nyata sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan kekayaan orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. & orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tak menafkahkannya pada jalan Tuhan, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. ”

Dikutip dari situs Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), syarat nisab adalah :

1. Selain hajat seseorang

Harta yang masuk golongan kebutuhan seseorang adalah makanan, pakaian, tempat tinggal, kendaraan, dan alat untuk lengah pencaharian. Sedangkan harta selain kebutuhan contohnya adalah aurum dan perak.

2. Harta dengan akan dikeluarkan zakatnya telah dimiliki selama satu tahun

Durasi satu tahun dihitung semenjak nisab terhadap harta makbul (haul). Ketetapan dikecualikan buat zakat pertanian, buah dengan diambil ketika panen, & harta karun yang diambil saat ditemukan. Jika nisab berkurang saat belum tercapai haul, maka perhitungan diulang lagi hingga syarat terpenuhi.

3. Punya sendiri

Artinya, barang yang sudah tercapai nisabnya ialah milik sendiri. Emas, galuh, dan barang selain kebutuhan yang nisabnya sudah menyentuh satu tahun tersebut bukan milik orang lain.

Setelah pendidikan pengertian nisab adalah serta syaratnya, bagaimana menghitung nisab?

Nisab adalah batas terendah kepemilikan harta yang telah ditentukan dalam syari’ah. Berikut nisab harta:

1. Nisab untuk derma profesi

Cara menghitung zakat profesi adalah diqiaskan dengan zakat uang, hasil tani, menggunakan qias kemiripan keduanya. Dengan penjelasan tersebut maka:

a. Zakat kekayaan: nisab 85 gram aurum, kadar zakat 2, 5 persen, haul setahun, dipotong keperluan dan pembayaran hutang

b. Zakat hasil tani: nisab 653 kg beras, kadar zakat 5 atau 10 upah, haul tiap menerima penghasilan, tidak dipotong

c. Zakat uang serta hasil tani: misal 653 kg beras, kadar derma 2, 5 peren, haul tiap menerima penghasilan, dipotong keperluan dan pembayaran hutang.

dua. Nisab emas

Batas kepemilikan atau nisab emas adalah 20 dinar, dengan perhitungan kepala dinar adalah 4, 25 gram emas. Sehingga 20 dinar adalah 85 rencana emas murni.

3. Nisab perak

Sedangkan untuk perak, ketetapan nisabnya adalah 200 dirham. Kepala dirham adalah 595 rencana yang diambil 2, 5 persen untuk zakat.

4. Nisab binatang ternak

a. Unta sebanyak lima ekor

b. Sapi sebanyak 30 ekor

c. Kambing sebanyak 40 akhir

4. Nisab hasil pertanian

Ketetapan buat hasil pertanian adalah lima wasaq. Satu wasaq pas dengan 60 sha’ dan satu sha’ sama dengan tiga kilogram. Nisab derma hasil pertanian adalah 300 sha’ dikali 3 kg sama dengan 900 kg.

5. Nisab barang dagangan

Besar nisab barang dagangan sama dengan ketetapan untuk emas.

6. Nisab harta karun

Syarat nisab & haul tidak berlaku untuk harta karun, sehingga harus langsung dizakati sebesar 20 persen.

Simak video ‘Pembayaran Derma Online BAZNAS Meningkat Pesat Saat Pandemi’:

[Gambas:Video 20detik]

(row/erd)