ugal-ugalan-di-jalan-pengemudi-porsche-hingga-pengantar-jenazah-1

Ugal-ugalan di Jalan, Pengemudi Porsche hingga Pengantar Jenazah

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Hebat akhirnya melarang polisi menyampaikan pengawalan terhadap komunitas mobil mewah, motor gede (moge), dan sepeda pribadi pada luar event olahraga. Kecendekiaan ini ditempuh sebagai respons atas aksi ugal-ugalan rombongan mobil Porsche di off ramp Taman Mini Indonesia Indah, Jumat (14/3/2021).

“Pasal 134 dan 135 UU Lalu Lintas membolehkan kami memberikan pengawalan. Akan tetapi hal itu kemudian mendatangkan kecemburuan sosial dan antipati dari masyarakat, ” terang Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo kepada tim Terang detikcom , Selasa (16/3/2021).

Dia mengakui semasa ini mereka yang memiliki pengawalan petugas justru tingkah laku dan perilakunya seolah punya privilege untuk mengemudi seenaknya. Sambodo merujuk perilaku satu diantara anggota rombongan Porsche yang melaju zigzag dalam kecepatan tinggi.

“Ada fakta bahwa rombongan Porsche ini tak menghormati pilot lain, dan ada saatnya kecepatan mereka cukup luhur. Kami punya rekaman Video CCTV-nya, ” tegasnya.

Arogansi luar pelik di jalan raya serta perilaku ugal-ugalan juga sering diperlihatkan rombongan pengantar jenazah. Ditlantas Polda Metro Jaya, kata Sambodo, kerap menerima keluhan ikhwal mereka. Tempat mencontohkan ada insiden pengeroyokan terhadap pemotor yang hendak berbelok dan dianggap menghambat lajut iring-iringan jenazah. Pada peristiwa lain bahkan tersedia anggota rombongan yang datang mematahkan spion-spion kendaraan asing.

Sambodo Purnomo Yogo mengaku sudah meminta aparat di lapangan untuk mengambilalih pengawalan masa ada rombongan semacam tersebut. “Kami mengimbau para pengantar ambulans pembawa jenazah serupa menghormati pengemudi lain. Tanpa arogan, sampai memecahkan spion dan sebagainya, ” katanya.

Pada bagian asing, Sambodo memaparkan sejumlah kecendekiaan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk mengurangi transaksi kurun polantas dan pengemudi di jalan raya. Salah satunya penambahan kamera tilang elektronik di sejumlah ruas hidup di Jabodetabek.

“Kami juga sedang menguji coba penggunaan drone buat memantau kemacetan akibat aktivitas unjuk rasa, misalnya, supaya cepat dicarikan alternatif buat mengurainya, ” kata Sambodo.

Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Direktur Berantakan Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, “Arogansi Porsche hingga Mukadimah Jenazah” di detikcom , Rabu (17/3/2021). (jat/jat)